Subsidi Pupuk dicabut, Ribuan Petambak Lamongan Gelar Demo Penolakan

"Subsidi Pupuk dicabut, Petambak Lamongan Gelar Demo Penolakan."


Bengawanpost.id, Lamongan - Pada Kamis (06/02/2020), ribuan petani tambak Se- Kabupaten Lamongan turun jalan menggelar aksi demo menuntut agar Permentan Nomor 1 Tahun 2020 dibatalkan.

Massa bergerak dari Gedung Olahraga (GOR) Kabupaten Lamongan - Jl. Basuki Rahmad  menuju Gedung DPRD Lamongan untuk meminta para wakil rakyat bisa membantu kesulitan yang saat ini sedang dialami ribuan petambak Se- Kabupaten Lamongan.

Usai berorasi di depan Gedung DPRD Lamongan, masa bergerak menuju Kantor Pemkab Lamongan untuk meminta Bupati Lamongan memperjuangkan nasib petambak yang notabene jadi salah satu mata pencaharian andalan rakyat Lamongan yang dipimpinnya.

Setibanya di depan Kantor Pemkab Lamongan, massa bersitegang karena menolak adanya perwakilan massa diminta masuk.

"Bupati silakan keluar menemui kami," teriak massa.

Negosiasi akhirnya disepakati, perwakilan massa masuk menemui Bupati Lamongan dengan didampingi sejumlah anggota DPRD.

Bersamaan perwakilan massa masuk, ribuan massa yang ada di luar melanjutkan orasinya dengan segala tuntutannya dengan membawa poster dan spanduk yang berisi tuntutan.

Edi Purwanto, petani  tambak dari Desa Tambakploso, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan yang ikut aksi tersebut menyampaikan ingin segera bisa membeli pupuk subsidi yang selama ini tidak ada, karena jika tidak segera dipupuk ikan akan mati dan menimbulkan kerugian besar karena harga beli bibit ikan sudah sangat mahal.

"Kami minta DPRD dan Pemkab Lamongan bisa membantu kesulitan petani tambak, karena kami sebagai petani tambak itu bukan kemauan sendiri, tapi karena keadaan lahan yang selalu tergenang tidak bisa ditanami padi pada saat musim penghujan tiba, sehingga jadi tambak," ujar Edi.

Sementara itu Yusuf Fadeli, selaku koordinator aksi menyampaikan, ketiadaan pupuk subsidi untuk petani tambak ini menyusul adanya Permentan No. 1 Tahun 2020 tentang alokasi dan harga eceran tertinggi pupuk bersubsidi sektor pertanian Tahun Anggaran 2020.

"Gerakan ini sebagai bentuk penolakan terhadap Permentan No.1 Tahun 2020 yang jelas - jelas akan membuat para petambak keberatan, dan produksi perikanan budidaya akan anjlok," ucap Yusuf kepada Suara Airlangga.

Menurutnya, budidaya ikan air tawar di Lamongan hanya bisa dilakukan bila ada pemupukan yang ideal.

"Jadi pembesarannya tidak bisa mengandalkan pakan saja, tapi pemupukan karena memakai air tawar," terangnya

Yusuf menambahkan, dirinya dapat informasi dalam E- RDKK yang terkait kuota pupuk bersubsidi di Lamongan dikurangi hampir 50 persen lebih. Dari 100 ribu ton, tinggal 42 ribu ton.

Selain itu, kebutuhan pupuk untuk tambak, jumlahnya jauh lebih banyak. Hampir 3 kali lipat dari pemupukan untuk tanaman pangan seperti padi. Dan lebih nelangsa lagi, saat musim panen harga ikan di pasaran jeblok.

"Petambak sekarang ditawarkan membeli pupuk non subsidi, sedangkan pupuk non subsidi harganya tidak terjangkau oleh petambak, karena ikan hasil panen tidak akan seimbang dengan harga pupuk yang dibeli. Untuk itu, Kami menuntut agar petani tambak mendapatkan jatah pupuk bersubsidi dan menolak Permentan nomor 01 tahun 2020," tegasnya.

Disampaikan pula, aksi ini melibatkan petani tambak di 7 sentra lahan tambak diantaranya Kecamatan Karanggeneng, Kalitengah, Glagah, Karangbinangun, Turi, Deket, Turi dan Kecamatan Lamongan.

"Persoalan ini menyangkut hajat hidup orang banyak yang harus diperjuangkan dan aksi ini sebagai langkah pamungkas, karena pupuk yang diharapkan tidak lagi bisa didapatkan para petambak," pungkasnya. (SA)

Foto : Aliansi Petani Tambak Lamongan, saat mengelar aksi penolakan Permentan No.1 Tahun 2020, Kamis (06/02/2020).

COMMENTS

Nama

AGROKOMPLEK,22,ARTIKEL & OPINI,5,DESA,6,DPRD,1,Edukasi,5,EKONOMI,13,EVENT,24,HUKUM & KRIMINAL,4,KEHUTANAN,64,KESEHATAN,7,LIFESTYLE,7,OLAHRAGA,3,PARADIGMA,4,PARADIKMA,2,PEMERINTAHAN,17,PEMILU,9,PENDIDIKAN,45,PERIKANA & PERTENAKAN,2,PERIKANAN & PERTENAKAN,6,PERISTIWA,10,PERTANIAN,6,POLITIK,13,SENI & BUDAYA,5,TOKOH & INSTANSI,28,WISATA & KULINER,6,
ltr
item
Bengawan Post: Subsidi Pupuk dicabut, Ribuan Petambak Lamongan Gelar Demo Penolakan
Subsidi Pupuk dicabut, Ribuan Petambak Lamongan Gelar Demo Penolakan
"Subsidi Pupuk dicabut, Petambak Lamongan Gelar Demo Penolakan."
https://1.bp.blogspot.com/-wuvBM05IWGE/XjvxspXfFUI/AAAAAAAAAm4/twxX0G2P_u0Tk8_iT9TUSUk5vv4N-YNMgCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200206-WA0021.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-wuvBM05IWGE/XjvxspXfFUI/AAAAAAAAAm4/twxX0G2P_u0Tk8_iT9TUSUk5vv4N-YNMgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200206-WA0021.jpg
Bengawan Post
http://www.bengawanpost.id/2020/02/subsidi-pupuk-dicabut-ribuan-petambak.html
http://www.bengawanpost.id/
http://www.bengawanpost.id/
http://www.bengawanpost.id/2020/02/subsidi-pupuk-dicabut-ribuan-petambak.html
true
3154784331760662868
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy