Menteri Koperasi dan UKM, kunjungi Koperasi di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan

Menteri Koperasi dan UKM, kunjungi Koperasi di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan

Bengawanpost.id - Lamongan - Pondok pesantren berpotensi menjadi pusat penggerak ekonomi yang sangat besar apalagi didukung banyaknya santri yang menimba ilmu agama. Misalnya di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur. Ponpes ini memiliki Koperasi Serikat Bersama Pesantren (KSBP) yang di dalamnya tergabung 17 pondok pesantren di wilayah Jawa Timur. 

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, Koperasi Serikat Bersama Pesantren (KSBP) Pondok Pesantren Sunan Drajat di Lamongan, Jawa Timur, menjadi salah satu contoh jaringan ritel modern berbasis pesantren. 

"Yang tergabung dalam Koperasi Serikat Bersama Pesantren (KSBP) Pondok Pesantren Sunan Drajat di Lamongan Jawa Timur ini ada 17 pesantren, di mana ada 10 ribu santrinya. Kegiatan ekonomi terkait santri maupun dengan lingkungan. Ini jadi role model jaringan ritel modern berbasis pesantren. Dengan KSBP Ponpes Sunan Drajat menjadi pondasi. Bukan hanya layani pesantren, tapi juga masyarakat di sekitar," ujar MenkopUKM Teten Masduki di Ponpes Sunan Drajat, Paciran, Lamongan, Jawa Timur, Kamis (15/4/2021). 

Hadir dalam kesempatan itu Deputi Bidang Perkoperasian Ahmad Zabadi, Dirut LPDB KUMKM Supomo, Kadis Koperasi dan UKM Jawa Timur Mas Purnomo Hadi, Kepala Perwakilan BI Jawa Timur Difi Ahmad Johansyah, Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat Abdul Gofur, dan Direktur KSBP (Koperasi Serikat Bisnis Pesantren) Anas Alhifni. 

Menurut Teten, kolaborasi 17 pesantren yang memiliki produk unggulan masing-masing akan memiliki nilai ekonomi tinggi. Pihaknya optimis KSBP Sunan Drajat akan bisa tumbuh dan berkembang dan diharapkan menjadi rantai pasok sektor produksi. 

"Kami optimis KSBP bisa tumbuh dan berkembang. Kita harap mereka masuk sektor produksi. Apalagi pesantren yang punya produk sendiri. Kemudian antarpesantren dibangun koperasi untuk retailnya maka akan jadi nilai ekonomi tinggi," katanya. 

MenkopUKM menjelaskan, model bisnis koperasi yang dibangun tersebut akan menjadi sirkuit ekonomi yang memiliki skala ekonomi yang besar. 

"Punya produk sendiri, garam di sini, tempat yang lain minyak. Ini saya kira sirkuit ekonomi yang bisa dibangun antarpesantren. Jika digabung, 17 pesantren punya skala ekonomi yang besar. Ini bisa diperluas di jejaring masyarakat distributor pesantren dan ke masyarakat lebih luas," katanya. 

Teten menegaskan, pemerintah akan memperkuat pembiayaan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (LPDB-KUMKM). Menurutnya, perkuatan pembiayaan bagi KSBP Sunan Drajat disalurkan Rp4,5 miliar dan ke depan akan ditambah lagi jika untuk mewujudkan roda perekonomian yang lebih maju. 

"Kami perkuat pembiayaan. Kita baru Rp4,5 miliar. Ke depan sesuai dengan kegiatan ekonomi bantu lebih kuat lagi pembiayaan," tambahnya. 

Sementara itu, Direktur KSBP Sunan Drajat Anas Alhifni mengatakan, Koperasi Serikat Bisnis Pesantren Sunan Drajat Lamongan berdiri pada 2017. Menurutnya, koperasi itu memiliki anggota 17 koperasi pondok pesantren di antaranya Ponpes Langitan Tuban, Tambak Beras Tebu Ireng Jombang, Gontor Ponorogo, Sidogiri Pasuruan, dan Lirboyo Kediri. 

"KSBP Sunan Drajat Lamongan berdiri 2017. Anggota 17 kopontren," katanya. 

Disela kunjungan meninjau lokasi usaha Pondok Pesantren Sunan Drajat Teten Masduki menyapa para Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) KemenkopUKM di wilayah kerja kabupaten Lamongan, yang menjadi ujung tombak dalam tugas-tugas di lapangan. (BP)

COMMENTS

Nama

AGROKOMPLEK,22,ARTIKEL & OPINI,5,DESA,6,DPRD,1,Edukasi,5,EKONOMI,13,EVENT,24,HUKUM & KRIMINAL,4,KEHUTANAN,64,KESEHATAN,7,LIFESTYLE,7,OLAHRAGA,3,PARADIGMA,4,PARADIKMA,2,PEMERINTAHAN,17,PEMILU,9,PENDIDIKAN,45,PERIKANA & PERTENAKAN,2,PERIKANAN & PERTENAKAN,6,PERISTIWA,10,PERTANIAN,6,POLITIK,13,SENI & BUDAYA,5,TOKOH & INSTANSI,28,WISATA & KULINER,6,
ltr
item
Bengawan Post: Menteri Koperasi dan UKM, kunjungi Koperasi di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan
Menteri Koperasi dan UKM, kunjungi Koperasi di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan
Menteri Koperasi dan UKM, kunjungi Koperasi di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan
https://1.bp.blogspot.com/-1s9glD2fJl4/YJ1e8WQEq3I/AAAAAAAAAPM/ZmfU4FVfmEUfQ22jGrgebosE4FZdtobJwCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210514-WA0000.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-1s9glD2fJl4/YJ1e8WQEq3I/AAAAAAAAAPM/ZmfU4FVfmEUfQ22jGrgebosE4FZdtobJwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210514-WA0000.jpg
Bengawan Post
http://www.bengawanpost.id/2021/05/menteri-koperasi-dan-ukm-kunjungi.html
http://www.bengawanpost.id/
http://www.bengawanpost.id/
http://www.bengawanpost.id/2021/05/menteri-koperasi-dan-ukm-kunjungi.html
true
3154784331760662868
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy